cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
IJTIMAIYA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
IJTIMAIYA adalah jurnal penelitian pendidikan islam yang terbit setiap enam bulan sekali pada bulan pebruari dan agustus oleh program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus. Jurnal berkala ilmiah ini hadir sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian terkini dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching" : 16 Documents clear
ANALISIS PETA BENTUK RUPA BUMI DALAM MENENTUKAN LOKASI DARI PENGARUH TSUNAMI DI KABUPATEN CILACAP Riyadi, Rahmat
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6293

Abstract

Indonesia merupakan tempat pertemuan beberapa lempeng. Pergeseran lempeng ini disebabkan oleh tenaga tektonik yang dikenal dengan lempeng tektonik. Pergeseran dan tumbukan yang menimbulkan getaran yang disebut gempa bumi dan jika di dasar laut menimbulkan gelombang laut disebut dengan Tsunami. Kabupaten Cilacap bagian selatan. Salah satu kecamatan di Kabupaten Cilacap yang memiliki kerawanan benncana Tsunami adalah kecamatan yang berbetasan dengan pantai terluar cilacap yaitu, Kecamatan Kampung Laut. Masalah yang muncul adalah, sampai sejauhmana pengaruh gempa di laut(Tsunami), Bagaimana morfologi daratan berpengaruh terhadap Tsunami dan Usaha yang perlu dilakukan dalam menghadapi Tsunami. Sedangkan tujuan penelitian adalah, Mengetahui pengaruh gempa di laut(Tsunami) pengaruh gelombang laut ke daratan, Bagaimana morfologi daratan dan Membuat gambaran Usaha yang perlu dilakukan dalam menghadapi Tsunami yang akan terjadi di daerah selatan Kabupaten Cilacap. Bencana alam merupakan bencana yang diakibatkan oleh terjadinya proses alam, seperti Gempa bumi, Gunung meletus, Tsunami dan sebagainya, sedangkan Bencana sosial (perbuatan manusia) adalah bencana yang diakibatkan pengaruh manusia, seperti penebangan hutan atau sampah yang menyebabkan banjir, kekeringan dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitis. Karena Dalam penelitian ini yang dijadikan dasar pembahasan adalah peta rupabumi. Tsunami dapat terjadi tiba-tiba, perlu dikembangkan lokasi yang aman, dari pengaruh tsunami yaitu, perlu sikap dan prilaku penduduk waspada, tumbuhan yang berakar dalam untuk mengurangi laju gelombang laut, tidak panik, segera mengamankan diri dan keluarga ke tempat aman dan dekat, serta naik ke daerah yang lebih tinggi seperti pohon besar, bangunan bertingkat, daerah perbukitan
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENELITI PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KABUPATEN KUDUS Falaq, Yusuf
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6298

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model mata pelajaran IPS untuk siswa SMP yang berbasis di studi inkuiri menyediakan siswa sebagai peneliti. Untuk memperolehnya dengan penelitian dengan yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan melalui proses uji-penyelaman terbatas dan ujicoba yang lebih luas. Pertanyaan tentang cara kerja IPS untuk menyusun proses pemikiran tentang bagian dari Lembar Kerja Siswa untuk mengajukan pertanyaan, mengajukan hipotesis, mencari fakta, menganalisis dan memahami
PEMANFAATAN DAN DAMPAK PENGGALIAN TANAH TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA KLUMPIT KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS Nur, Dany Miftah
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6299

Abstract

Penggalian tanah merupakan usaha untuk menggali tanah yang hasilnya dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia secara praktis atau ekonomi, sebagaimana aktivitas penggalian tanah yang dilakukan oleh sebagian masyarakat desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan dengan pendekatan deskriptif analisis. dengann perspektif sosiologi.  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tentang pemanfaatan penggalian tanah terhadap kondisi masyarakat desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 2) Mengetahui bagaimana dampak yang diakibatkan dari penggalian tanah bagi masyarakat sekitar di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 3) Mengetahui bagaimana tanggapan dan respon masyarakat terhadap kegiatan penggalian tanah di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 4) Mengetahui bagaimana upaya masyarakat dalam menjaga lingkungan terutama untuk meminimalisir dampak negatif dari penggalian tanah di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI DEMOKRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS XI SEMESTER II SMA 1 GEBOG Susyanto, Yudi
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6300

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA 1 GEBOG di Kelas XI IPS 5 yang kemampuan siswanya untuk materi Demokrasi cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat  20 % untuk keaktifan belajar siswa dan 35% untuk prestasi belajar. Dari Siklus I ke  Siklus II naik 28 % untuk aktivitas belajar dan 39 % untuk prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar
LARUNG KEPALA KERBAU SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN LAUT (STUDI KASUS TRADISI LOMBAN) DI DESA UJUNGBATU KECAMATAN JEPARA KABUPATEN JEPARA Husnah, Siti Umi Mar'atul; Agustin, Kurnia; Larasati, Ratih Indah
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6301

Abstract

Tradisi Lomban atau Syawalan adalah tradisi yang telah berlangsung sejak ratusan tahun silam yang berada di Kabupaten Jepara khususnya Desa Ujungbatu dan masih dilestarikan sampai sekarang. Tradisi ini merupakan sebuah budaya lokal yang dilaksanakan pada bulan syawal dan berlangsung atas dukungan bupati, lurah, dan masyarakat Jepara. Pesta rakyat Jepara ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah sekitar seperti Kudus, Pati, dan Rembang yang ingin menyaksikan langsung tradisi yang hanya terjadi satu tahu sekali. Kegiatan yang dilaksanakan tujuh hari setelah lebaran Idul Fitri ini sangat unik. Dalam upacara intinya di adakan sebuah kegiatan larung kepala kerbau yang dijadikan simbol dari sedekah laut yang berada di Ujungbatu. Selain kegiatan larung kepala kerbau tersebut, acara sudah dimulai beberapa hari sebelumnya sengan mengadakan berbagai lomba untuk lebih memeriahkan budaya lokal tersebut. Namun demikian, esensi dari tradisi lomban ini yaitu bentuk rasa syukur dari masyarakat Jepara kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat sumber daya laut yang melimpah sehingga dapat dijadikan sumber mata pencaharian oleh semua orang serta terjalin kerukunan antar masyarakat
STRATEGI PENINGKATAN WISATAWAN OBYEK WISATA GUA PANCUR DESA JIMBARAN KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI Faizah, Siti Nur; Safitri, Cicik; Hafidz, Mohammad
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6324

Abstract

Obyek wisata gua pancur merupakan salah satu wisata gua berair menarik yang berkembang pesat di kabupaten pati, destinasi menariknya ialah adanya caving (susur gua) yang dikembangkan oleh pengelola.  Berkembangnya obyek wista gua pancur  tidak luput dari strategi yang diterapkan oleh pengelola untuk meningkatkan jumlah wisatawan untuk berkunjung. Oleh sebab itu Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan wisatawan obyek wisata Gua pancur Desa Jimbaran Kecamatan kayen kabupaten pati. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendorong dan menghambat penerepan strategi dalam meningkatkan wisatawan di obyek wisata Gua pancur. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana semua data yang terkumpul akan disajikan dalam bentuk kata-kata atau berupa pemaparan. Hasil yang menunjukkan faktor pendorong adalah rasa kepuasan wistawan dan meningkatnya perekonomian masyarakat desa jimbaran. Sedangkan faktor penghambatnya ialah masih terbatasnya SDM masyarakat desa Jimbaran dan anggaran yang belum maksimal. Adapun strategi peningkatan wisatawan oobyek wisata gua pancur desa Jimbaran kecamatan Kayen kabupaten Pati ialah meningkatkan mutu pelayanan wisatawan dengan aksi sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan), penambahan fasilitas secara berkala dengan tujuan agar wisatawan tidak bosen dan menekankan pada penerapan marketing publiser melalui media sosial, pembuatan event, mengikuti bazaar wisata dan pembuatan pamflet promosi
PROSES PEMBUATAN GARAM DARI PEMANFAATAN AIR LAUT (STUDI KASUS PETANI GARAM DESA KEDUNG MUTIH KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK)Demak) Nida, Khoirin; Husna, Maulidina; Hakim, Alief Lukman
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6302

Abstract

Kecamatan Wedung terdiri dari dua puluh desa/kelurahan, salah satunya adalah desa kedung mutih.  Masyarakat di Desa kedung mutih sebagian besar mereka menggantungkan hidupnya pada hasil laut dan tambak. Sehingga banyak sekali masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan petani garam. Desa ini juga telah dinobatakan sebagai desa penghasil garam tebesar di Kabupaten Demak. Selain desa dengan pengahasil garam terbesar, desa Kedung Mutih sendiri adalah desa dengan pembuatan garam yang berkualitas baik dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan garam yang ada di Desa Kedung Mutih dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif dilakukan dengan menafsirkan keadaan yang terjadi melalui gambaran atau mendeskripsikan keadaan secara objektif yang diperoleh dari beberapa narasumber di lapangan. Sedangkan Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui dari observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggaraman di Desa Kedung Mutih menghadapi berbagai persoalan salah satunya penggunaan teknik yang dilakukan dengan cara tradisional ataupun modern. Sehingga akan berpengaruh pada kualitas garam, jumlah garam yang dihasilkan dan pendapatan petani garam. Dari adanya proses produksi garam yang sedikit berbeda di Desa Kedung Mutih hal inilah yang menghasilkan suatu cara yang berbeda sehingga menghasilkan suatu kearifan lokal
PEMBELAJARAN SEJARAH YANG BERBASIS MASALAH DALAM KONTEKS SOSIAL BUDAYA SISWA Kristiyanto, Arif
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6292

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar, para ahli pembelajaran telah menyarankan penggunaan paradigma pembelajaran konstruktivistik untuk kegiatan belajar-mengajar di kelas. Dengan perubahan paradigma belajar tersebut terjadi perubahan pusat (fokus) pembelajaran dari belajar berpusat pada guru kepada belajar berpusat pada siswa. Kondisi belajar dimana siswa atau mahasiswa hanya menerima materi dari pengajar, mencatat, dan menghafalkannya harus diubah menjadi sharing pengetahuan, mencari (inkuiri), menemukan pengetahuan secara aktif sehingga terjadi peningkatan pemahaman (bukan ingatan). Untuk mencapai tujuan tersebut, pengajar dapat menggunakan pendekatan, strategi, model, atau metode pembelajaran inovatif. PBL memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut: (1) belajar dimulai dengan suatu masalah, (2) memastikan bahwa masalah yang diberikan berhubungan dengan dunia nyata siswa atau mahasiswa, (3) mengorganisasikan pelajaran seputar masalah, bukan diseputar disiplin ilmu, (4) memberikan tanggung jawab yang besar kepada pebelajar dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar mereka sendiri, (5) menggunakan kelompok kecil, dan (6) menuntut pebelajar untuk mendemontrasikan apa yang telah mereka pelajari dalam bentuk suatu produk atau kinerja. Tampak jelas bahwa pembelajaran dengan model PBL dimulai oleh adanya masalah (dapat dimunculkan oleh siswa atau guru), kemudian siswa memperdalam pengetahuannya tentang apa yang mereka telah ketahui dan apa yang mereka perlu ketahui untuk memecahkan masalah tersebut. Siswa dapat memilih masalah yang dianggap menarik untuk dipecahkan sehingga mereka terdorong berperan aktif dalam belajar
PEMANFAATAN DAN DAMPAK PENGGALIAN TANAH TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA KLUMPIT KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS Dany Miftah Nur
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6299

Abstract

Penggalian tanah merupakan usaha untuk menggali tanah yang hasilnya dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia secara praktis atau ekonomi, sebagaimana aktivitas penggalian tanah yang dilakukan oleh sebagian masyarakat desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan dengan pendekatan deskriptif analisis. dengann perspektif sosiologi.  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tentang pemanfaatan penggalian tanah terhadap kondisi masyarakat desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 2) Mengetahui bagaimana dampak yang diakibatkan dari penggalian tanah bagi masyarakat sekitar di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 3) Mengetahui bagaimana tanggapan dan respon masyarakat terhadap kegiatan penggalian tanah di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 4) Mengetahui bagaimana upaya masyarakat dalam menjaga lingkungan terutama untuk meminimalisir dampak negatif dari penggalian tanah di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI DEMOKRASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS XI SEMESTER II SMA 1 GEBOG Yudi Susyanto
IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching Vol 3, No 2 (2019): IJTIMAIYA : Journal of Social Science Teaching
Publisher : Program Studi Tadris IPS Fakultas tarbiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/ji.v3i2.6300

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA 1 GEBOG di Kelas XI IPS 5 yang kemampuan siswanya untuk materi Demokrasi cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat  20 % untuk keaktifan belajar siswa dan 35% untuk prestasi belajar. Dari Siklus I ke  Siklus II naik 28 % untuk aktivitas belajar dan 39 % untuk prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 16